windows xp

WINDOWS XP

Ada beberapa alasan mengapa Windows Xp ( Windows Experience ) keluaran dari Microsoft Corporation ini layak dijadikan pilihan oleh para pengguna komputer yang selama bertahun-tahun menggunakan Windows versi sebelumnya. Alasan-alasan tersebut antara lain:
1. Faktor Kestabilan.
Windows Xp merupakan sistem operasi yanng mengadopsi kernel ( inti dari suatu sistem operasi ) Windows 2000 dan Windows NT. Sistem Windows 2000 dan Windows NT sudah terbukti lebih stabil jika dibandingkan dengan Windows 95 atau Windows 98. Dengan mengadopsi kernel Windows NT, maka dipastikan Windows Xp akan memberikan jaminan pada sistem komputer yang lebih powerfull,secure dan lebih stabil dibandingkan dengan Windows ME, Windows 98 atau Windows 95.
2. Faktor Keandalan Dan Kemudahan.
Windows Xp memadukan kapabilitassistem kernel yang stabil pada Windows NT atau Windows 2000, dengan fitur-fitur atraktif pada Windows Millenium Edition ( Win ME). Selain itu juga ditambahkan fitur yang lebih atraktif, dimana driver-driver baru untuk mendukung hardware yang terpasang pada sistem tidak menimbulkan interferensi dengan sistem secara keseluruhan. Kalaupun terjadi masalah pada pada sistem berkaitan dengan penginstalan driver ini sudah tersedia Device Driver Rollback yang memungkinkan kita mengembalikan sistem ke posisi semula sebelum driver baru dipasang. Selain itu terdapat pula fitur yang mirip yang dinamakan dengan „Last Known Good Configuration“. Pada fitur ini bila pengguna menambahkan hardware atau software baru, Windows Xp akan menyimpan setting konfigurasi ini. Bilamana sistem mengalami masalah, maka sistem registry dan driver-driver kuncinya dapat dikembalikan lagi ke posisi normal, sehingga memungkinkan penggunaannya mengatasi problem yang disebabkan penambahan hardware atau software baru.
Windows Xp terdiri dari tiga seri yakni :
 Xp Home Edition,
Xp Home Edition pengguna akan merasakan kemudahan dan efisiensi dalam menangani pekerjaan-pekerjaan yang yang berhubungan dengan desain visual. Selain itu pengguna juga lebih mudah memperoleh dan mengorganisasikan gambar-gambar foto untuk pemakaian bersama ( sharing ). Untuk pekerjaan yang berhubungan dengan multimedia seperti memainkan dan menggarap musik audio atau video menjadi lebih mudah dan praktis. Windows media player juga dilengkapi dengan mengubah berbagai format audio dan video dan adanya fitur baru yang berupa pembakaran CD.
Dengan dukungan kemudahan koneksi internet, file-file gambar, audio dan video juga mudah untuk ditempatkan di ruang virtual. Selain tersedia folder-folder khusus untuk file musik dan gambar, konversi data ke internet yang memerlukan ukuran lebih kecil juga mudah dilakukan karena secara otomatis Windows Xp akan membuat ukuran file, menjadi lebih kecil, sehingga pengguna tidak dipusingkan untuk menyunting dengan menggunakan software third party. Aplikasi jaringan maupun PC untuk pemakaian secara bersama-sama untuk beberapa pengguna. Dukungan terhadap penggunaan hardware dan software yang populer di lingkungan pemakai PC juga menjadi kelebihan dari seri Home Edition ini. Seri ini juga merupakan perpaduan yang paling baik dari apa yang sudah ada pada Windows 95, Windows98, windows ME dan Windows 2000.
 Xp Professional.
Semua fitur yang ada di seri Home Edition tersedia pula pada seri Windows Xp Professional. Windows Xp Professional lebih ditujukan untuk pengguna dari kalangan bisnis. Pada seri ini terdapat beberapa tambahan terutama berkaitan dengan masalah security dan private, reliabilitas, performance, dan penanganan masalah serta solusi secara cepat. Selain itu Windows Xp Professional menawarkan keleluasaan dalam berkolaborasi dengan customer atau relasi bisnis. Tiga aspek penting dalam sebuah pekerjaan bisnis adalah reliabilitas, kompatibilitas dan ketangguhan.
 Xp Technical Computing.
Xp Technical Computing lebih menitikberatkan pada masalah teknik dari Windows Xp itu sendiri.

Menginstall Windows Xp.
Menginstal Windows Xp pada sebuah komputer yang baru saja dibeli atau baru saja dirakit pada dasarnya relatif mudah dan cepat. Saudara hanya diminta untuk mengikuti petunjuk yang tampil di layar, dan memberikan proses Setup Windpws Xp.
Sebelum mulai menjalankan proses instalasi, ingatlah bahwa spesifikasi Windows Xp hanya dapat dipasang pada komputer dengan spesifikasi minimal Pentium atau setara berkecepatan 233 MHz dan RAM sebesar 64 MB, serta Harddisk berkapasitas 850 MB.
Untuk memulai penginstallan, masukan CD Setup Windows XP kedalam CD-ROM drive. Pastikan bahwa komputer saudara sudah diset untuk melakukan booting dari CD-ROM drive. Saudara tidak perlu untuk mempartisi harddisk, memformat harddisk atau melakukan operasi apapun terhadap harddisk saudara. Proses Setup Windows Xp akan melakukan semuanya itu secara otomatis.

Langkah-Langkah Menginstall Windows Xp
1. Siapkan Driver Perangkat Keras.
Sebelum mulai menginstall, persiapkan semua driver agar memudahkan proses installasi. Umumnya, semua perangkat keras terbaru telah memiliki driver yang dibuat khusus untuk Windows Xp. Jika kebetulan saudara menggunakan perangkat keras tipe lama, biasanya perangkat keras tersebut juga telah didukung oleh Windows Xp, sehingga tidak dibutuhkan driver external.
2. Mulai Menginstall.
Setelah semuanya siap pastikan bahwa CD Setup Windows Xp telah terpasang dalam CD-ROM saudara. Setelah itu hidupkan komputer, tunggu beberapa saat sampai muncul tampilan Setup Windows Xp muncul pada layar. Setelah itu tekan tombol Enter untuk memulai menginstall Windows Xp dalam komputer saudara. Saat layar komputer menampilkan lembar persetujuan instalasi, tekanlah tombol F8.
3. Menentukan Partisi.
Jika sudah mempartisi harddisk saudara, tetapi belum menentukan partisi aktif untuk harddisk, maka proses Setup akan menampilkan partisi yang tersedia dalam harddisk saudara.
Pilihlah partisi yang saudara inginkan dengan cara menyorotnya menggunakan tombol anak panah ke bawah atau ke atas. Untuk memilih partisi tekan tombol Enter. Setelah itu muncul pilihan untuk memformat harddisk.
Pilihlah sistem file yang saudara inginkan, apakah FAT atau NTFS ( New Technology File System). Sistem NTFS memiliki kinerja dan dukungan keamanan yang lebih baik dibandingkan FAT.
Setelah memilih format yang diinginkan kemudian tekan Enter.
Proses Setup akan memformat harddisk saudara.

4. Biarkan Proses Setup Bekerja.
Setelah proses format selesai, instalasi akan dilanjutkan dengan penyalinan file-file yang dibutuhkan oleh proses installasi. Saudara tinggal menunggu proses ini selesai. Setelah proses penyalinan selesai, maka komputer akan restart. Setelah restart, proses Setup akan berlanjut ke tahap identifikasi perangkat keras yang terpasang pada komputer saudara.

5. Mengatur Sesuai Dengan Kebutuhan.
Selama proses instalasi berlangsung, ada beberapa setting yang membutuhkan campur tangan saudara, seperti : Regional Setting and Language Options. Jika saudara ingin menyesuaikan setting ini sesuai dengan keinginan saudara, maka pilih tombol Customize. Jika tidak, maka klik Next. Akan muncul menu yang meminta menu saudara untuk memasukkan nomor seri Windows Xp. Masukkan nomor seri lalu tekan Next. Setelah itu muncul menu yang menampilkan nama komputer saudara beserta baris Password untuk login sebagai Administrator. Saudara bisa mengubah nama komputer lalu masukkan Password kemudian klik next. Sekarang saudara harus mengisi menu untuk mengatur tanggal, waktu dan zona waktu.

6. Menunggu Proses Setup Selesai.
Prose setup akan berlanjut ke tahap instalasi Smart Menu, dan Registrasi Komponen pada PC. Setelah ini dilanjutkan dengan Finalizing Installation. Tahap ini merupakan penyetelan semua perangkat keras yang terpasang pada komputer. Setelah proses installasi selesai akan muncul tampilan ucapan selamat dari Microsoft. Saudara bisa mengklik Next untuk mulai mengaktifkan Windows Xp. Jika saudara tidak mengaktifkan Windows Xp saudara, maka Windows Xp tersebut hanya dapat berjalan selam 30 hari. Setelah 30 hari, Windows Xp saudara tidak akan bisa dipakai sebelum saudara melakukan aktivasi.

7. Memasukkan Nama Pengguna.
Setelah proses diatas, maka akan muncul menu yang meminta saudara untuk memasukkan nama-nama pengguna Windows Xp dalam komputer anda. Masukkan sesuai dengan pengguna yang akan memakai komputer ini dan tekan Next, lalu tekan Next lagi. Saudara akan mendapati menu yang meminta saudara memasukkan Password untuk Administrator. Masukkan sesuai dengan keinginan saudara, lalu tekan OK. Setelah itu akan muncul tampilan yang saudara memilih pengguna Kliklah nama pengguna yang saudara inginkan dan tunggu beberapa saat sampai desktop Windows Xp muncul pada layar. Jika saudara telah sampai pada tahap ini, berarti proses Installasi telah selesai. Saudara bisa mulai bekerja dengan Windows Xp.
SELAMAT MENCOBA..............




Daftar Pustaka:
 http://www.Infokomputer.com.
 Majalah Info Komputer, Edisi Oktober 2002.
 Tabloid PC Plus, Tahun II, 17 – 23 Oktober 2001.
 http://www.pcplus.co.uk/
1 Response
  1. Unknown Says:

    saya saat setup sudah meload file win xp, saya tekan enter, dan bukan layar persetujuan yang muncul, malah ada exprees instal dan custom, itu apa penyebabnya?
    takdir